Selasa, 02 Juni 2015

Bimbingan Belajar Pertemuan 1

Pada tanggal 1 April 2015, saya pertama kali datang ke sanggar anak jalanan yang berada tidak jauh dari Binus Square.
Saya berangkat pukul 13.00 dan mulai mengajar pada pukul 13.30. Saya kebetulan mendapatkan murid yang masih TK berjumlah 2 orang.
Yang pertama bernama Asyila
Yang kedua bernama Ana
Pertama, saya menguji kemampuan mereka dengan menyuruh mereka menyebutkan angka 1 s/d 10 dan mereka mampu menyebutkannya semua. Lalu saya menyuruh mereka menyebutkan huruf A s/d Z dan mereka mampu menyebutkannya semua.
Setelah itu saya menyuruh mereka untuk menulis apa yang saya tulis, namun mereka tidak fokus dan asik bermain dengan pensil yang ia gunakan. Mereka hanya ingin menulis jika saya membantu mereka dengan ikut memegangi tangannya untuk menuliskannya kembali.
Setelah itu saya menunjuk angka dan huruf yang telah mereka tulis, kemudian saya menyruh mereka untuk menyebutkan angka atau huruf apa yang telah mereka tulis.
Disini terlihat mereka belum mengerti bagaimana bentuk huruf dan angka serta namanya
Saya dapat mengambil kesimpulan bahwa mereka hanya menghafal angka dan huruf saja tanpa mengetahui bentuk dari angka dan huruf tersebut.

 



Oleh karena itu saya membantu mereka untuk memahami dan mengerti bentuk dan nama hurufnya. Butuh latihan berkali kali untuk mengajari mereka karena seringkali mereka tidak fokus dan mudah bosan.
Hasilnya mereka mampu mengerti huruf A s/d F baik bentuk dan namanya. Disitu saya turut perihatin karena mereka hanya mampu "menghafal" tanpa mampu memahami apa yang mereka pelajari.
Bimbingan belajar selesai pada pukul 16.00


Nama         : Erita Rachma Puteri Sulandri
NIM           : 1701359814
Isi Laporan : Bimbingan belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar